berita

PNPME Kimia Air

30 Oktober 2019

Kegiatan Jaminan Mutu dilakukan untuk mendapatkan hasil yang benar secara langsung setiap saat dan tepat waktu, menggunakan sumber daya yang efektif dan efisien. Ini penting dalam semua tahap proses, mulai dari penerimaan sampel hingga pelaporan hasil uji.

 

Pemantapan Mutu Internal merupakan kegiatan pencegahan dan pengawasan yang dilaksanakan oleh masing-masing laboratorium secara terus menerus untuk menjamin kualitas hasil pemeriksaan.

Pemantapan Mutu Internal telah dilaksanakan secara rutin di seluruh ruang lingkup pemeriksaan/pengujian pada masing-masing Instalasi (Patologi, Imunologi, Mikrobiologi, Bakteriologi Sanitasi, Virologi, Kimia Kesehatan dan Media Reagensia).

 

Pemantapan Mutu Eksternal adalah kegiatan yang diselenggarakan secara periodik oleh Balai Besar Laboratorium Kesehatan Jakarta bertujuan untuk memantau dan menilai penampilan suatu laboratorium dalam pemeriksaan tertentu.

Untuk mencapai mutu hasil laboratorium yang memiliki ketepatan dan ketelitian tinggi maka seluruh metode dan prosedur operasional laboratorium secara terpadu, mulai di perencanaan, pengambilan contoh uji, penanganan, pengujian sampai penerbitan laporan hasil uji laboratorium ke pelanggan.

Sebagai Penyelenggara Program Nasional Pemantapan Mutu Eksternal BBLK Jakarta terus meningkatkan dan mengembangkan kemampuannya, disertai komitmen managemen sebagai bentuk menjaga dan mengawal mutu di laboratorium kesehatan.

Tahun 2019 pengembangan ruang lingkup Program Nasional Pemantapan Mutu Eksternal yaitu : Kimia Air, yang dilaksanakan saat ini adalah untuk parameter : Cr (Kromium), Cu (Tembaga), Cd (Cadmium) dan Fe (Besi). (Humas)